728 x 90

Berita Sumedang

Berita
Website Kabupaten Sumedang


APBDes Harus Dipampangkan di Depan Kantor Desa
15 Mei 2019 | 40 views

| | |



SUMEDANGKAB.GO.ID, SITURAJA - Pemerintah desa di Kecamatan Situraja dituntut transparan terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).  Kini semua desa di Kecamatan Situraja, memampang data APBDes di depan kantor desa masing-masing.

"Kami tekankan agar data APBDes dicetak dalam spanduk besar dan dipasang di depan kantor desa. Semuanya penggunaan keuangan desa harus transparan," ujar Camat Situraja, Sutisna, Rabu (15/5/2019).

Menurutnya dengan dipampangnya rincian APBDes diharapkan masyarakat bisa melihat dan mengetahuinya secara terbuka.  Dengan demikian, setiap pelaksanaan penganggaran atau penggunaan uang dari berbagai anggaran bisa diketahui masyarakat.

"Agar semua masyarakat tahu tentang apa yang akan diperbuat dan yang akan dikerjakan untuk satu tahun dari hasil musyawarah desa. Biasanya pelaksanaan pembangunannya," katanya lagi.

Dengan keterbukaan, kata dia, antara pemerintah desa dan masyarakat bisa sama-sama saling kontrol. . "Jadi tidak ada nanti penyalahgunaan keuangan. Hal ini baik untuk keberhasilan pembangunan," katanya.

Sutisna mengatakan, pihaknya tak segan menindak,  jika ada aparatur pemerintahan desa yang menyalahgunakan keuangan.  "Dengan kunci transparansi itulah, segala bentuk penyalahgunaan penggunaan keuangan bisa dihilangkan," katanya. (nsa)




sumber :