728 x 90

Berita Sumedang

Berita
Website Kabupaten Sumedang


Mal Pelayanan Publik Segera Dioperasikan
16 Mei 2019 | 59 views

| | |



SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang akan membangun mal pelayanan publik (MPP). Lokasi MPP berada di depan Alun-alun Sumedang memakai bangunan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT). Rencana bangunan MPP dua lantai ini tuntas Juli nanti dan langsung beroperasi.

"Bulan Juli mendatang, Pemkab Sumedang akan melaunching Mal Pelayanan Publik," kata Bupati Dony Ahmad Munir, Kamis (16/5/2019). 

Menurutnya, ada sekitar 64 jenis pelayanan yang disiapkan di MPP termasuk untuk investasi. "Hal ini bertujuan untuk mempercepat dan memberikan kemudahan pelayanan sesuai dengan aturan yang ada." kata Bupati.

Pelayanan publik yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi bahkan pemerintah pusat bisa diurus di MPP. Layanan pemprov seperti izin galian C, SIPA untuk air tanah serta trayek angkutan yang dikeluakan provinsi bisa diurus di Sumedang. Di Mall Pelayanan Publik ini nanti dilengkapi dengan tempat bermain anak dan tempat ibu menyusui bayinya.

Bahkan di MPP ini akan disiapkan balai nikah dan pasangan pengantin bisa melaksanakan ijab Kabul pernikahan di tempat ini. “Nanti ada balai nikahnya dan siapapun bisa menikah di tempat ini. Bahkan kalau ada waktu yang pas saya siap hadir untuk menjadi saksi pernikahan,” kata Bupati Dony.

Di MPP itu akan ada layanan dokumen kependudukan mulai dari KTP, KK dan akta kelahiran maupun kematian. Bahkan untuk membayar pajak kendaraan bermotor juga bisa dilakukan, pembayaran denda tilang juga bisa dibayar di MPP.

Selain itu pengurusan Taspen untuk pensiun, pembayaran pajak dan retribusi, pembayaran listrik, telepon, PDAM dan kantor pos juga ada di MPP. Layanan perbangkan dan klinik kesehatan serta pengurusan kartu kuning untuk pemncari kerja dilayani. [mth/*]




sumber :