728 x 90

Berita Sumedang

Berita
Website Kabupaten Sumedang


Ayo Beli Kopi Cimarga yang Beraroma Khas!
16 Mei 2019 | 20 views

| | |



SUMEDANGKAB.GO.ID, CISITU -  Petani kopi di Desa Cimarga, Kecamatan Cisitu mengaku kesulitan untuk memasarkan komoditasnya dengan maksimal. Padahal kopi yang ditanam
petani berjenis robusta  itu memiliki kualitas aroma yang tak kalah dengan kopi dipasaran sekarang meski melalui pengolahan yang  sederhana.

“Kalau dulu memang kopi disini, banyak yang dibeli konsumen dari luar  daerah, namun saat ini lesu,” ujar Kades Cimarga, Odi Darya, Kamis (16/5/2019).

Padahal menurutnya, rata-rata warga Cimarga memang setiap tahunnya,  banyak yang mengandalkan pendapatannya dari komoditas kopi tersebut.  “Kendati memang panen setahun sekali, warga kami memang sangat  berharap banyak dari hasil panen kopi,” katanya.

Di Cimarga, terang Odi, kopi ditanam di perkebunan seluas 80  hektare dan digarap para petani. Hasil dari kopi  tersebut petani bisa mencukupi kebutuhannya.  Dalam satu kali panen, kopi yang dihasilkan petani di  Cimarga bisa mencapai  50 ton.  Sehari warga bisa menumbuk sampai 15 kg biji kopi menjadi bubuk  kopi. (nsa)




sumber :