Informasi Video



Get the Flash Player to see this player.

Himbauan

Gunakan Software Legal atau Pilih Open Source Software

Bayarlah Pajak Tepat Waktu. Ketepatan Anda Membayar Pajak, Menentukan Kelancaran Pembangunan

Info Kerja

PT. GLOSTAR INDONESIA
[ dikirim oleh Disnakertrans ]
Warga Dusun Cibareubeu Jatinunggal Gelar Buku Taun PDF Print E-mail
Written by Administrator   

Warga Dusun Cibareubeu Desa Sukamanah Kecamatan Jatinunggal, Sabtu (18/6), menggelar acara Buku Taun yang biasa diadakan tiap tahun setelah panen. Turut hadir Sekretaris Daerah H. Atje Arifin Abdullah, unsur Muspika Kecamatan Jatinunggal, jajaran Pemerintahan Kecamatan, Kades Sukamanah berikut perangkat desanya,serta Kadus dan tokoh masyarakat setempat.“Ritual yang ke-484 ini menjadi ciri dan adat di Dusun kami. Setelah menuntaskan bertani dan berkebun dilaksanakan pareresan yang dikemas dalam bentuk hajat lembur. Dimulai oleh masing-masing KK kemudian dilanjutkan di tingkat Dusun,” ujar  Juhana selaku Ketua Panitia.

Juhana menambahkan, acara intinya pada hari Kamis (16/6) yaitu ritual ngaruat yang dipimpin oleh Kuncen dan Kepala Dusun dilanjutkan dengan do’a bersama pada malam harinya. Sementara yang ditampilkan  hari ini adalah hiburan berupa kesenian rakyat dengan memajangkan semua hasil petanian warga, ujarnya.

Read more...
 
Desa Paseh Kaler Peringati Hari Jadi ke-29 PDF Print E-mail
Written by Administrator   

Hari Rabu (8/6) tahun 2011, Desa Paseh Kaler Kecamatan paseh memperingati Hari Jadinya yang ke-29 di halaman balai desanya dan dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Sumedang. Kepala Desa Paseh Kaler kecamatan paseh Otong Sutaryat mengatakan, dahulu sebelum dimekarkan Paseh Kaler masuk ke Desa Paseh Wilayah Kecamatan Conggeang. Tetapi pada tanggal 8 Juni Tahun 1982 setelah Paseh menjadi Kecamatan, Desa Paseh pun dimekarkan menjadi Desa Paseh Kaler dan Paseh Kidul. Paseh Kaler sendiri terbagi menjadi 3 Dusun dan 12 Rukun Warga (RW).

Menurutnya, demi terwujudnya berbagai program yang tengah dan akan dilaksanakan ia mengajak kepada segenap warganya untuk terus bersama-sama mendukung  program tersebut demi kemajuan desanya. “Saya meminta kepada seluruh komponen masyarakat Desa Paseh Kaler bersama-sama turut berpartisipasi dalam berbagai program pembangunan,” pintanya.

Read more...
 
Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2011 PDF Print E-mail
Written by Administrator   

Sekretaris Daerah H. Atje Arifin Abdullah, SH, SIP MSi memimpin apel Senin pagi (6/6)  di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang sekaligus dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Tahun 2011 Tingkat Kabupaten Sumedang di halaman Gedung Negara.

Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Prof. DR. Ir. Gusti Muhammad Hatta, MS dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah mengatakan, tema Hari Lingkungan Hidup se-Dunia 2011  yang dikeluarkan oleh UNEP (United Nations Environment Programme) adalah Forests: Nature at Your Service, “Tema ini menekankan pentingnya hutan yang memiliki fungsi untuk memberikan layanan bagi kehidupan yang memiliki nilai keberlanjutan dan menegaskan keterkaitan antara kualitas kehidupan manusia dan kelestarian ekosistem hutan”.

Berdasarkan tema dari UNEP tersebut dan disesuaikan dengan konteks Indonesia maka tema Hari Lingkungan Hidup Indonesia 2011 menjadi Hutan Penyangga Kehidupan. “Makna utama dari tema ini adalah bahwa hutan memiliki esensi sebagai penjaga keseimbangan antara kepentingan manusia dan semua makhluk hidup lainnya di dunia. Fungsi itu dapat tercapai apabila hutan tetap terjaga kelestariannya,” jelasnya.

Read more...
 
Bupati Komando Gerakan Infaq Seribu Rupiah PDF Print E-mail
Written by Administrator   

Dengan mengambil tempat di Alun-alun Kabupaten Sumedang, Rabu (1/6), Bupati Don Murdono mengomandoi Gebyar Gerakan Infaq Seribu Rupiah Tingkat Kabupaten Sumedang yang serempak dilaksanakan di tiap Kecamatan, Dinas/Instansi, dan sekolah-sekolah se-Kabupaten Sumedang.

Hadir sebagai tamu undangan Pimpinan dan Anggota DPRD, Ketua MUI Kabupaten Sumedang, Komandan Subdenpom III/2-1 Sumedang, Ketua BAZ dan jajarannya, para Asisten Setda, dan para Kepala SOPD Kabupaten Sumedang. Sedangkan peserta gebyar terdiri dari para PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang, Dharma Wanita Persatuan, mahasiswa, pelajar, dan masyarakat umum.

Kegiatan yang sama digelar di masing-masing Kecamatan dengan dipimpin oleh unsur Muspida, diantaranya Wakil Bupati di Jatinangor, Sekretaris Daerah di Buahdua, Kapolres di Situraja, Dandim di Tanjungsari, Kajari di Paseh, Ketua Pengadilan Negeri di Conggeang, Ketua Pengadilan Agama di Tomo, dan Komandan Yonif 301 di Cimalaka.

Menurut laporan panitia yang disampaikan Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM T.E. Dharma Adi, gebyar infaq dilaksanakan secara massal dan serempak di masing-masing unit kerja dalam jangka waktu tiga bulan sekali dalam rangka akselerasi pengentasan masalah sosial dengan sasarannya adalah rehabilitasi rumah tidak layak huni, beasiswa bagi murid berprestasi kurang mampu, dan peningkatan ekonomi kerakyatan.

Read more...
 
Pengajian Rutin Al-Hidayah Tanjungmedar Ditandai Peresmian MDT PDF Print E-mail
Written by Administrator   

Dalam kunjungan kerjanya ke Kecamatan Tanjungmedar, Kamis (19/5), Wakil Bupati H. Taufiq Gunawansyah, SIP menghadiri pengajian rutin yang diadakan oleh DPC Al-Hidayah Kecamatan Tanjungmedar di Masjid Al-Ikhlash Dusun Pondok Desa Kertamukti sekaligus meresmikan Madrasah Diniyah Takmiliyah setempat yang bernama Al-Askhari.

Pengajian tersebut turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Ir. Edi Askhari, Ketua beserta jajaran pengurus DPD Al-Hidayah Kabupaten Sumedang, Ketua DPC Al-Hidayah Kecamatan Tanjungmedar, Kepala Desa Kertamukti beserta perangkat desa, dan para Ketua Al-Hidayah di tingkat desa se-Kecamatan Tangjungmedar.

Read more...
 
Wakil Bupati Hadiri Upacara Nyalin Pare Dusun Lebakbiru PDF Print E-mail
Written by Administrator   

Upacara adat Nyalin Pare merupakan salah satu tradisi yang masih dipertahankan oleh warga masyarakat Lebakbiru Desa Pasigaran Kecamatan Tanjungsari. Kali ini Nyalin Pare digelar hari Sabtu (14/5) dan dihadiri oleh Wakil Bupati Sumedang, H. Taufiq Gunawansyah selaku Ketua Rukun Wargi Sumedang (Ruwas).

Kegiatan ritual ini dilaksanakan ketika mengawali panen raya yang ditandai dengan menuai padi pertama menggunakan ani-ani di salah satu sudut sawah untuk kemudian diikat dan dibungkus (disalin) memakai daun sirih. Selama acara berlangsung seorang pangradin (pemimpin do’a) tidak henti-henti membacakan kalimat-kalimat yang berisi puiji-pujian dan do’a.

Turut hadir Ketua Rukun Wargi Tatar Sunda (Ruwas) Mayjen Purn. Iwan Sulanjana,  Wakil Ketua DPRD  Sarnata, Asisten Pembanguna Setda Dede Hermasyah, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sunarto, Kepala Badan Ketahanan Pangan Penyuluh Pertanian Perikanan dan Kehutanan Wowo Sutina, Inspektur Iwa Kuswaeri, Sekretaris Bappeda Herman Suyatman, Camat Denny Tanrus, dan tamu undangan lainnya.

Read more...
 
Gubernur Resmikan Kantor Pusat Pemerintahan Sumedang PDF Print E-mail
Written by Administrator   

Peringatan Hari Jadi Sumedang ke-433 Tahun 2011 ditandai dengan peresmian Gedung Pusat Pemerintahan yang baru oleh Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan di Lingkungan Karapyak Kelurahan Situ Kecamatan Sumedang Utara pada hari Sabtu (23/4). Sebelumnya Bupati Sumedang beserta jajaran pemerintahan Kabupaten Sumedang termasuk Ketua dan Anggota DPRD  telah mengikuti Sidang Paripurna di Gedung Negara. Dari Gedung Negara Gubernur dan Bupati beserta rombongan diarak menuju ke gedung yang baru dengan menggunakan Kereta Naga Paksi dan kereta-kereta koleksi Museum Prabu Geusan Ulun, ditambah   delman dan pasukan berkuda. Dalam sambutannya Bupati H. Don Murdono menyampaikan, pembangunan pusat pemerintahan ini merupakan bentuk perhatian dari Pemerintah Pusat dan Provinsi terhadap kondisi fasilitas di Kabupaten Sumedang yang selama ini dalam menjalankan pemerintahannya tidak di atas tanah dan bangunan aset milik Pemerintah. “Selama ini kami menempati tanah wakaf dari Pangeran Suriaatmadja yang diserahkan kepada Kepala Daerah pada waktu itu,” ujarnya.

Read more...
 
Wayang Golek Meriahkan Malam Puncak Hari Jadi Sumedang PDF Print E-mail
Written by Administrator   

Sabtu (23/4),  ribuan warga Sumedang berduyun-duyun menuju Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Sumedang yang baru di Lingkungan Karapyak Kelurahan Situ untuk menyaksikan Pagelaran Wayang Golek pada Malam Puncak Peringatan Hari Jadi  Sumedang ke-433. Bupati Sumedang yang diwakili oleh Sekretaris Daerah H. Atje Arifin Abdullah dalam sambutannya menyampaikan rasa suka cita dan bangganya karena masih banyak warga masyarakat yang besar perhatian dan kecintaannya akan budaya warisan leluhur Sunda sebagai jati diri dan harga diri Orang Sunda melalui kegiatan ini.

Read more...
 
Badan Anggaran DPRD Purbalingga Studi Banding ke Sumedang PDF Print E-mail
Written by Administrator   

Pimpinan dan Anggota  Badan Anggaran DPRD Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah, Selasa (19/4) berkunjung ke Kabupaten Sumedang dan diterima langsung oleh Bupati Sumedang Dr. H. Don Murdono, SH, MSi di Gedung Negara Sumedang. Ketua DPRD Kabupaten Purbalingga, Tasdi, SH, MM selaku Ketua Bangar melaporkan,  rombongan  yang hadir terdiri dari Sekretaris Daerah, 4 orang Pimpinan dan 13 Anggota Bangar DPRD, ditambah 4 orang Panitia Anggaran dari unsur Eksekutif. Menurutnya, maksud kedatangannya ke Kabupaten Sumedang yaitu dalam rangka studi banding dalam mekanisme penyusunan APBD yang  diamanatkan oleh Undang-Undang untuk selalu pro poor, pro job, dan pro growth. “Kunjungan kerja ini dimaksudkan untuk belajar dari Kabupaten Sumedang bagaimana pelaksanaan kebijakan-kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat sebagai bahan pertimbangan untuk diterapkan di Kabupaten Purbalingga yang jumlah Pendapatan dalam APBDnya masih di bawah Rp. 1 triliun,” ujarnya.

Read more...
 
« StartPrev12345678910NextEnd »

Page 9 of 12