Himbauan

Gunakan Software Legal atau Pilih Open Source Software

Bayarlah Pajak Tepat Waktu. Ketepatan Anda Membayar Pajak, Menentukan Kelancaran Pembangunan

Info Kerja

PT. GLOSTAR INDONESIA
[ dikirim oleh Disnakertrans ]
KPU Sumedang Adakan Eksaminasi Hasil Evaluasi Pilkada PDF Print E-mail
Written by Administrator   

Kesuksesan dan kelancaran pelaksanaan pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang akan datang bukan hanya tanggung jawab KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilu, melainkan menjadi tanggung jawab  bersama. Karena dengan suksesnya Pemilu, tentunya akan berdampak pula pada peningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat sekaligus menentukan tingkat kesejahteraaan masyarakat.  Demikian dikatakan Bupati Dr. H. Don Murdono, SH, MSi dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Daerah H. Atje Arifin Abdullah, SH, SIP, MSi di hadapan peserta “Eksaminasi Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Kabupaten Sumedang” yang diadakan oleh KPU Sumedang di Hotel Jatinangor, Rabu (20/7).

 

Peserta Eksaminasi terdiri dari para Camat se-Kabupaten Sumedang, para mantan Petugas Pemilihan Kecamatan (PPK), dan para Ketua Partai Politik. Hadir pula selaku narasumber, perwakilan dari Ditjen Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Ketua KPU Jawa Barat, Asisten Pemerintahan Hukum dan HAM Provinsi Jawa Barat, Ketua DPRD Kabupaten Sumedang, Konsultan dan Tim Hukum KPU Sumedang, serta seluruh penanggung jawab Divisi pada KPU Sumedang.

“Kegiatan ini merupakan inisiatif yang diambil oleh KPU Sumedang guna mengantisipasi berbagai permasalahan yang mungkin timbul pada penyelenggaraan Pemilu Kepala Daerah dan Wakilnya yang dijadwalkan tahun 2013, khususnya mengenai regulasi, aspek teknis, dan dukungan pihak lain yang terlibat,” ujar Ketua KPU Sumedang Asep Kurnia, SH, MH.

Melalui kegiatan ini, lanjut Asep, diharapkan para peserta mendapatkan gambaran akan penyelenggaraan Pemilu mendatang sekaligus dimintai pertimbangannya sebagai bahan masukan bagi kebijakan Pemerintah.”Jadi kami akan menyajikan semua hasil evaluasi Pemilu yang telah kami laksanakan kepada seluruh peserta dalam bentuk resume untuk kemudian dikritisi sehingga dihasilkan rekomendasi,” terangnya.

Bupati menilai kegiatan ini sangat penting sebagai sarana sosialisasi berkenaan dengan hasil evaluasi penyelenggaraan Pilkada tahun 2008, “Terutama berkaitan dengan implementasi peraturan perundang-undangan yang beberapa ketentuannya kurang jelas dan multitafsir, sehingga menimbulkan perbedaan pemahaman di antara pihak-pihak yang berkepentingan”. 

“Oleh karena itu,” ujar Bupati, “saya atas nama Pemerintah Kabupaten Sumedang menghimbau sekaligus mengajak kepada para peserta eksaminasi agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sebagai persiapan dalam rangka menghadapi Pilkada yang waktu pelaksanaannya sudah relatif dekat ini, baik mengenai tata cara penyelenggaraan, pemutakhiran data pemilih, pengisian berita acara perhitungan suara, kampanye, maupun pengadaan dan pendistribusian logistik”.

Materi yang akan dibahas meliputi, Implementasi Permendagri No. 57 tahun 2009 tentang Perubahan atas Permendagri No. 44 tahun 2007 tentang Pengelolaan Belanja Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah bagi Daerah yang Pemungutan Suaranya Dilaksanakan pada Hari dan Tanggal yang Sama, Dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam Mengimplementasikan Pasal 8 dan 8A Permendagri N0. 57 tahun 2009, Antisipasi Permasalahan Teknis Penyelenggaraan Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang Dilaksanakan pada Hari dan Tanggal yang Sama, Dukungan DPRD Kabupaten Sumedang dalam Penganggaran Biaya Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah,dan Penerapan Pasal 65 Ayat 2 UU No. 32 tahun 2004 Jo Pasal 2 Ayat 4 Peraturan Pemerintah No. 6 tahun 2005 dihubungkan dengan Pasal 42 Ayat 3 UU No. 22 tahun 2007.

Di sesi kedua, materi yang akan dibahas adalah Antisipasi Permasalahan Hukum yang Timbul dalam Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang dilaksanakan di Hari dan Tanggal yang Sama, Evaluasi Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih, Evaluasi Perencanaan Program, Anggaran, Pengadaan, dan Pendistribusian Logistik, Evaluasi Pembentukan Penyelenggara Pemilu, serta Evaluasi Pendaftaran dan Penetapan Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Di akhir acara, seluruh peserta diminta untuk memberikan rekomendasinya atas kegiatan eksaminasi untuk disusun dan kemudian disampaikan kepada Pemerintah Pusat sebagai bahan pertimbangan dalam penyelenggaraan Pemilu yang akan datang.

Sumber : Bagian Hubungan Masyarakat Setda Kabupaten Sumedang